2

Easy Korean: Modul Pembelajaran Bahasa Korea dengan Aplikasi interaktif new media

Posted by Riski Safaat on 01.36

Easy Korean: Modul Pembelajaran Bahasa Korea dengan Aplikasi interaktif new media


Riski Safaat1) Michael Alexander Djojo)
1,2 ) Program Studi Sistem Komputer Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, email: riski.safaat@yahoo.com dan email: djojo.alexander@gmail.com  



Abstrak   Korea menempati peringkat ke-11 ekonomi dunia dan ke-3 di Asia. Hal ini menunjukan bahwa bahasa Korea menjadi bahasa yang menarik untuk dipelajari. Namun masih kurangnya media pembelajaran bahasa Korea tersebut pengguna menjadi kurang tertarik untuk mempelajari bahasa Korea atau yang lebih dikenal Hangeul.
Untuk itu penulis membuatkan suatu aplikasi modul pembelajaran bahasa Korea dengan interaktif new media CAI (Computer Aided Instruction) agar para pengguna dapat membaca dan menulis bahasa Korea dengan baik. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan beberapa komponen new media seperti teks, gambar, ikon, warna, video, suara dan animasi sehingga modul pembelajaran ini menjadi sangat interaktif. Dari banyaknya elemen multimedia yang digunakan maka dibutuhkan suatu software aplikasi Adobe Flash agar seluruh komponen dapat saling terintegrasi.
Diharapkan dengan adanya modul pembelajaran ini, para pengguna dapat membaca dan menulis bahasa Korea dengan baik dan benar.  


Kata Kunci: Hangeul, CAI (Computer Aided Instruction), Multimedia, Adobe Flash

1. LATAR BELAKANG

Drama dan musik korea sedang menarik perhatian dunia akhir-akhir ini. Musik K-Pop,  merupakan suatu aliran musik yang berasal dari Korea dengan mengusung konsep vokal, tarian dan wajah personil yang rupawan itulah yang menjadi daya tarik dari aliran musik ini. Musik K-Pop saat ini sudah sampai merambah ke Asia termasuk Indonesia.

Dengan adanya fenomena seperti ini, penulis mencoba mempelajari dan memahami  jika seseorang menyukai sesuatu seperti film atau musik dari luar negeri, apakah orang tersebut tertarik juga untuk mempelajari bahasanya. Dari survei yang penulis lakukan pada 21 Mei 2012 – 27 Mei 2012, 70% para responden tertarik untuk mempelajari bahasa Korea tersebut. Namun mereka masih kesulitan untuk menemukan suatu  modul pembelajaran bahasa Korea tersebut. Dengan adanya kamus bahasa Korea sekarang, itu belum sepenuhnya dapat membantu mereka dalam mempelajari bahasa Korea. Mereka membutuhkan suatu modul interaktif yang dapat membantu dalam proses membaca dan menulis bahasa Korea atau biasa dikenal dengan Hangeul.

Untuk itu, penulis mencoba menangkap peluang dari sini dengan membuat suatu modul pembelajaran bahasa Korea dengan CAI (Computer Aided Instruction). Aplikasi yang disajikan ini adalah sebuah aplikasi yang dibuat dengan  tujuan untuk memudahkan para pengguna dalam  mempelajari dan memahami konsep dasar bahasa Korea. Kemudian aplikasi ini juga disajikan secara menarik dengan menampilkan teks, ikon, warna, gambar, musik, video, dan animasi flash agar  pengguna dapat membaca dan menulis bahasa Korea dengan baik dan benar lewat bantuan modul tersebut. Pengguna juga dapat melihat penjelasan teori dan analogi mengenai basic konsonan dan vokal dalam belajar bahasa Korea. Serta dapat melihat tata cara penulisan bahasa Korea tiap babnya. Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan program Adobe Flash dengan dukungan Action script.

Modul pembelajaran bahasa Korea ini, dibuat secara menarik dimana diterapkannya berbagai jenis edisi yang sesuai dengan musim yang ada di negara Korea tersebut. Pada aplikasi pembelajaran bahasa Korea yang pertama ini dibuat dalam edisi Summer 2012, dimana diharapkan nantinya aplikasi ini dapat dikembangkan kembali dengan edisi yang berbeda seperti Winter, Spring dan Autumn. Kemudian aplikasi ini, seluruh tampilannya di desain sesuai tema masing-masing sehingga terkesan menjadi lebih menarik dan pengguna menjadi tidak bosan dalam belajar.

      Selanjutnya yang menjadi perhatian dari aplikasi ini yaitu mengenai GAS (Goal,Audience, Scope) Analysis yang diterapkan, dimana Goal : Membantu pengguna untuk belajar membaca dan menulis bahasa Korea. Audience: Remaja dan Dewasa (18 s.d. 26 tahun) dan Scope :  Basic Consonants
                          
                     Basic Vowels
                           



2. PERANCANGAN APLIKASI INTERAKTIF

Teori-teori yang digunakan dalam penyelesaian proyek akhir akan dibahas dalam bab ini sesuai kaitannya dengan membaca dan menulis bahasa Korea, animasi flash dan video. Serta software-software yang digunakan dalam pembuatan proyek ini.

2.1 Membaca dan menulis bahasa Korea atau Hangeul (한글)
Bahasa Korea atau Hangeul (한글) adalah alfabet yang digunakan untuk membaca dan menulis bahasa Korea. Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong yang Agung (1397-1450) pada tahun 1443 masa Dinasti Joseon. Meskipun tulisan Hangeul terlihat seperti tulisan ideografik (tulisan dalam bentuk 'simbol' seperti aksara Tionghoa), Hangeul sebenarnya merupakan abjad fonetik atau alfabet, karena setiap hurufnya merupakan lambang vokal dan konsonan yang berbeda. Alfabet Hangeul terdiri dari 24 huruf (jamo)— 14 huruf mati (konsonan) dan 10 huruf hidup (vokal). Sebenarnya Hangeul masih mempunyai 3 konsonan dan 1 buah huruf vokal, namun dihilangkan. Selain untuk menuliskan bahasa Korea, Hangeul juga dipakai untuk bahasa suku Cia-Cia, di Sulawesi Tenggara, Indonesia[1].

 
                           Gambar 2.1 Basic Konsonan


            

            Gambar 2.2 Basic Vokal


2.2. Adobe Flash
Adobe Flash adalah sebuah program grafis dan animasi yang keberadaannya ditujukan bagi pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat animasi web interkatif, film animasi kartun, presentasi bisnis atau kegiatan, company/organization profil dan game flash yang menarik. Oleh karena itulah, maka pada program Adobe Flash ini disediakan berbagai  fasilitas serta kemampuan penunjang lainnya yang berfungsi sebagai sarana untuk berkreasi guna melahirkan ide-ide yang tersimpan didalam pikiran kita. Dengan begitu, terbukalah jalan untuk menyalurkan ide-ide cemerlang yang kita miliki untuk mewujudkan karya – karya kita.
Adobe Flash, sebagai program multimedia dan animasi, mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan program animasi lainnya, yaitu:
·         Seorang pemula yang masih awam terhadap dunia desain dan animasi dapat dengan mudah mempelajari dan memahami Adobe Flash tanpa harus dibekali dasar pengetahuan yang tinggi tentang bidang tersebut.
·         Pengguna  program Adobe Flash dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan luwes(bebas) sesuai dengan alur adegan animasi yang diinginkan.
·         Adobe Flash ini dapat menghasilkan file dengan ukuran kecil. Hal ini dikarenakan, flash menggunakan animasi dengan berbasis vector  dan juga ukuran file flash yang kecil berdampak tidak dibutuhkannya waktu loading yang lama untuk membuka halaman web tersebut.
·         Adobe Flash menghasilkan file bertipe (ekstensi).FLA yang bersifat fleksibel karena dapat mengkonersikan memjadi file berekstensi .swf, .html, .gif, .jpg, .png, .exe, .mov. Hal ini memungkinkan penggunaan program Adobe Flash ini untuk berbagai keperluan yang kita inginkan[2].

2.3 Adobe Fireworks
Adobe Fireworks (sebelumnya dikenal sebagai Macromedia Fireworks) adalah sebuah bitmap dan vector grapichs editor. Ia sebenarnya dikembangkan menggunakan bagian dari Macromedia xRes, yang telah Adobe peroleh di tahun 2005. Fireworks dibuat untuk web designer agar membuat prototipe website dan application interface dengan cepat. Fiturnya memasukkan slices and kemampuan untuk menambahkan hotspot. Ia didesain untuk diintegrasikan dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe Dreamweaver dan Adobe Flash. Ia tersedia sebagai salah satu produk yang berdiri sendiri atau dibundle dengan Adobe Creative Suite. Versi sebelumnya dibundle dengan Macromedia Studio [3].

2.1.Komponen new media
Berikut merupakan komponen new media yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini :
  1. Teks
Teks dalam aplikasi ini digunakan sebagai petunjuk penggunaan dalam menjalankan aplikasi. Dengan adanya teks pengguna dapat mengerti step-by-step dalam proses kerja dari aplikasi. Teks dalam aplikasi ini juga digunakan sebagai penjelasan dari teori dalam proses pembelajaran menulis dan membaca bahasa Korea.

Gambar 2.1.1 Teks
  1. Ikon
Ikon dalam aplikasi ini digunakan untuk menyampaikan maksud dan tujuan, sehingga pengguna dapat mengetahui alur dari kinerja sistem. Dalam hal ini button digunakan sebagai saran komunikasi antara pengguna dan aplikasi. Berikut adalah contohnya :
Gambar 2.1.2 Ikon

a)       Tanda Panah ke kiri
Sebagai button untuk mengarahkan ke step sebelumnya.
b)       Rumah
Sebagai button untuk mengarahkan ke menu utama.
c)       Tanda X dalam lingkaran
Sebagai button untuk keluar dari aplikasi.
  1. Suara
Suara pada aplikasi ini digunakan untuk pembacaan narasi yang disampaikan oleh avatar, lagu yang mengiringi saat aplikasi dijalankan dan untuk pengucapan kata dalam aplikasi dalam membaca bahasa Korea. Dengan adanya suara pada aplikasi ini menjadi lebih interaktif, dimana dalam proses pembuatan aplikasi modul pembelajaran, pengguna diberikan suara jika kursor didekatkan pada huruf konsonan atau vokal yang diterapkan pada menu Begin Lessons, baik di Introduction, lesson 2 dan lesson 3.
  1. Warna
Warna yang paling dominan dalam aplikasi ini adalah warna biru muda yang mendakan kecerahan. Karena pada desain aplikasi ini adalah edisi Summer 2012, maka warna yang disajikan dalam aplikasi ini berupa background langit biru dan pantai yang indah dengan dihiasi awan dan matahari sehingga efek summer tersebut sangat terasa jika aplikasi ini dijalankan. Berikut adalah tampilan dari aplikasinya :

Gambar 2.1.3 Warna

  1. Gambar
Pada aplikasi ini terdapat sebuah avatar yang diberi nama Park Jin Ho. Fungsi dari avatar ini adalah sebagai penunjuk (Guide) untuk membantu pengguna bagaimana menggunakan aplikasi ini. Selain avatar, aplikasi ini juga menggunakan beberapa gambar sebagai pendukung aplikasi sehingga tampilan menjadi lebih menarik. Berikut adalah avatar dari aplikasi ini :
 
Gambar 2.1.4 Avatar

  1. Animasi
Animasi merupakan kumpulan gambar-gambar dalam suatu frame yang digerakan. Dalam aplikasi pembelajaran bahasa Korea ini, dibuat beberapa animasi yakni matahari yang berputar, awan yang berjalan, ombak yang bergelombang, avatar yang bergerak dan tulisan bahasa Korea yang dapat bergerak ketika kursor di dekatkan. Diharapkan dengan animasi tersebut para pengguna lebih dapat memahami aplikasi yang dibuat dan memberikan informasi yang sedang terjadi.
  1. Video
Video dalam aplikasi ini dibuat untuk mempromosikan Korea dan bagaimana keindahan Korea sehingga para pengguna tertarik untuk mengunjungi Korea.

2.2.Struktur dan navigasi
Struktur yang digunakan dalam aplikasi Easy Korean ini menggunakan Tree Structure. Dengan adanya Tree Structure tersebut pengguna diberi kebebasan untuk memilih menu apasaja yang dibuat tanpa memikirkan urutannya terlebih dahulu.
Dalam modul pembelajaran bahasa Korea ini menggunaka struktur Tree karena proses aplikasi dilakukan secara
Kemudian navigasi yang digunakan dalam modul pembelajaran bahasa Korea adalah sebagai berikut :
1)       Next
Navigasi next digunakan untuk melompat ke proses selanjutnya. Dalam aplikasi modul pembelajaran bahasa Korea ini, navigasi next sering dijumpai pada bagian menu Begins Lesson karena pada bagian tersebut berisi tentang cara pembelajaran membaca dan menulis bahasa Korea. Sehingga jika pengguna telah selesai melakukan proses pembelajaran dari halaman 1 dapat lanjut ke modul pembelajaran halaman 2 dan selanjutnya.
2)       Previous
Navigasi previous merupakan kebalikan dari proses next. Previous digunakan untuk kembali ke  halaman sebelumnya.
3)       Home
Navigasi home digunakan untuk kembali ke menu utama pada aplikasi. Sehingga memudahkan pengguna untuk kembali ke menu awal.
4)       Back  
Navigasi back digunakan untuk membantu pengguna kembali ke sub-menu sebelumnya.
5)       Exit
Navigasi exit digunakan untuk keluar dari aplikasi yang sedang dijalankan.
6)       Skip
Navigasi skip digunakan untuk melewatkan proses yang sedang berjalan. Dalam aplikasi modul pembelajaran bahasa Korea, skip dapat dijumpai ketika avatar sedang memberikan pengarahan dalam proses pemakaian aplikasi. Skip dapat digunakan ketika para pengguna telah mengetahui proses berjalannya aplikasi.





2.3. Top-down design
Berikut adalah Top-down design aplikasi dari modul pembelajaran bahasa Korea adalah  sebagai berikut :

1.       Pada bagian awal akan ditambilkan sebuah animasi pembuka atau Splash, lalu terdapat bermacam-macam  menu pilihan untuk menuju  ke tampilan menu utama.
2.       Kemudian pengguna dapat melakukan pemilihan menu  utama yang ada pada aplikasi ini. Terdapat 5 menu utama seperti :
A.      Begin Lessons
Merupakan sebuah  sub menu unggulan dari aplikasi ini. Dimana didalamnya berisikan tentang metode-metode pembalajaran mengenai membaca dan menulis bahasa Korea.
1)       Introduction
Merupakan pembukaan dari proses pembelajaran yang akan diaplikasikan. Berisikan pengertian dari pembelajaran bahasa korea.
2)       Lesson 1
Merupakan sub pembelajaran mengenai metode-metode membaca dan menulis bahasa korea. Kemudian di akhir pembelajaran setiap lesson terdapat quiz.
3)       Lesson 2
Merupakan sub pembelajaran lanjutan mengenai metode-metode membaca dan menulis bahasa korea dan diakhiri dengan quiz juga.
B.       About
Merupakan sebuah menu dari sebuah konten dimana didalamnya berisikan informasi mengenai pembuat aplikasi ini.
C.      Visit Korea
Merupakan sebuah konten video-video visit korea. Didalamnya berisikan video mengenai keindahan keanekaragaman yang ada di Korea. Video tersebut bertujuan mempromosikan Korea ke khalayak luar sehingga para pengguna yang melihatnya akan tertarik untuk mengunjungi Korea.

D.      Help
Merupakan sebuah menu yang berfungsi sebagai tempat bertanya bagi pengguna jika menemukan kesulitan dalam pengoprasian aplikasi ini. Diharapkan dengan adanya menu help ini pengguna dapat langsung mengatasi segala kendala dalam pengoprasian aplikasi Easy Korean tersebut.
E.       Exit
Merupakan menu untuk keluar dari aplikasi CAI ini. Namun ketika pengguna telah menekan tombol exit, maka aplikasi memberikan pilihan lagi “Ya” atau “Tidak” untuk meyakinkan pengguna apakah benar ingin keluar dari aplikasi interaktif ini atau tidak.
3.       Aplikasi akan menampilkan tutorial yang telah dipilih oleh pengguna pada layar.
4.       Pengguna dapat memilih kembali menu atau bab yang ada pada sistem aplikasi ini dengan kembali menuju ke menu utama.
5.       Terdapat button exit jika pengguna telah selesai menggunakan aplikasi tersebut.


2.4. System Model

Berikut adalah tampilan flow chart dari aplikasinya :



3. HASIL AKHIR RANCANGAN

Pada tahap ini akan dilakukan hasil rancangan program aplikasi yang telah dibuat untuk mengetahui bagaimana program bekerja dan bagaimana program dapat dijalankan sesuai yang diharapkan. Pengujian aplikasi dilakukan dengan mengecek link yang terdapat pada menu yang disajikan, apakah button me-link dengan benar sesuai dengan targetnya.
                Berikut adalah tampilan program saat pertama kali dijalankan :

Gambar 1: Contoh Pengujian Tampilan Splash 1

Pada menu splash 1 diatas menunjukan judul aplikasi yang dibuat yakni “Easy Korean”.
             
Gambar 2: Contoh Pengujian Tampilan Splash 2

Pada menu splash 2 diatas menunjukan instruksi aplikasi bahwa “ Gunakan headphone untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik” karena pada aplikasi ini dibuat dengan diiringi beberapa lagu agar lebih interaktif sehingga proses belajar lebih semangat.

Gambar 3: Pengujian Tampilan Utama Aplikasi

Pada tampilan utama terdapat 4 button. Bila di-click pada menu teori maka akan muncul tampilan tutorial seperti berikut :

Gambar 4: Pengujian Halaman awal

Pada tampilan halaman awal seperti diatas menunjukan instruksi pada  menu Begin Lessons.           

Gambar 5: Pengujian Menu Begin Lessons

Pada tampilan menu Begin Lesson seperti diatas menunjukan 3 button pilihan yang menjadi aplikasi utama dalam pembelajaran menulis dan membaca bahasa Korea. Terdapat 3 lesson menu yakni Introduction, Lesson 2 dan lesson 3.

Gambar 6 : Pengujian Menu Introduction

Pada tampilan menu Introduction seperti diatas berisikan Teori mengenai huruf konsonan dan vokal dalam bahasa Korea.

Gambar 7: Pengujian Menu Lessons2

Pada tampilan menu lesson 2, dipelajari huruf vokal dan konsonan. Kemudian jika kursor di dekatkan pada huruf vokal diatas, maka tulisan akan bergerak sebagai penunjuk metode penulisan bahasa Korea. Selanjutnya terdapat sound jika kursor didekatkan pada huruf maka akan menimbulkan suara pengucapan bahasa Koreanya.

Gambar 8: Pengujian Menu Quiz Lessons2

  Pada tampilan diatas merupakan menu quiz pada lesson 2.

     
 Gambar 9: Pengujian Menu Lessons3

Pada tampilan menu lesson 3, dipelajari huruf vokal dan konsonan yang berbeda pada lesson 2. Kemudian jika kursor di dekatkan pada huruf vokal diatas, maka tulisan akan bergerak sebagai penunjuk metode penulisan bahasa Korea. Selanjutnya terdapat sound jika kursor didekatkan pada huruf maka akan menimbulkan suara pengucapan bahasa Koreanya.

Gambar 10: Pengujian Menu Quiz Lessons3

Pada tampilan diatas merupakan menu quiz pada lesson 3.

Gambar 11: Pengujian Menu About

Pada tampilan diatas merupakan menu About, dimana didalamnya merupakan informasi mengenai biografi pembuat aplikasi ini.


Gambar 12: Pengujian Menu Help
       
Pada tampilan diatas merupakan menu Help, dimana didalamnya merupakan petunjuk-petunjuk dalam menggunakan aplikasi ini.

Gambar 13: Pengujian Menu Visit Korea

Pada tampilan diatas merupakan menu Visit Korea, dimana didalamnya merupakan video dokumentasi tentang visit Korea.

4. SIMPULAN DAN SARAN

Aplikasi Easy Korean ini telah dibuat dan dirancang sebagai suatu modul pembelajaran yang interaktif dengan tujuan membantu pengguna untuk membaca dan menulis bahasa Korea. Dari komponen new media yang digunakan sudah sangat bervariasi dan interaktif namun masih ada beberapa kendala dalam proses pembuatannya sehingga aplikasi ini masih kurang maksimal dalam proses penerapannya. Dari kekurangan itu masih dibutuhkan waktu supaya proses perkembangan dan proses perbaikan dalam perancang aplikasi ini dapat diterapkan secara sempurna.

Diharapkan setelah aplikasi ini dibuat masih perlu diadakan perkembangkan lagi baik itu gambar, teks, suara, video, warna, ikon dan animasinya sehingga aplikasi bahasa Korea yang dibuat semakin interaktif.

REFERENSI

                pada 15 Juni 2012.
15 Juni 2012
                Diakses pada 26 Juni 2012
20 Mei 2012.
20 Mei 2012
korea-hangeul.html.Diakses pada 23 Juni
2012.




 Desain Poster Aplikasi
Desain Packaging DVD


2 Comments


Kasih link downloadnya dong, biar bisa bernanfaat aplikasinya ...


Monggo : http://www.mediafire.com/download/thi11p6gatdypo8/Easy_Korean_(beta).zip

Poskan Komentar

Copyright © 2009 Ekki KataK All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.