5
Easy Korean: Modul Pembelajaran Bahasa Korea dengan Aplikasi interaktif new media
Posted by Riski Safaat
on
01.36
Easy Korean: Modul
Pembelajaran Bahasa Korea dengan Aplikasi interaktif new media
Riski Safaat1)
Michael Alexander
Djojo)
1,2 ) Program Studi Sistem Komputer Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, email: riski.safaat@yahoo.com
dan email: djojo.alexander@gmail.com
Abstrak – Korea
menempati peringkat ke-11 ekonomi dunia dan ke-3 di Asia. Hal ini menunjukan
bahwa bahasa Korea menjadi bahasa yang menarik untuk dipelajari. Namun masih
kurangnya media pembelajaran bahasa Korea tersebut pengguna menjadi kurang
tertarik untuk mempelajari bahasa Korea atau yang lebih dikenal Hangeul.
Untuk itu penulis membuatkan
suatu aplikasi modul pembelajaran bahasa Korea dengan interaktif new media CAI
(Computer Aided Instruction) agar para pengguna dapat membaca dan menulis
bahasa Korea dengan baik. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan beberapa
komponen new media seperti teks, gambar, ikon, warna, video, suara dan animasi
sehingga modul pembelajaran ini menjadi sangat interaktif. Dari banyaknya
elemen multimedia yang digunakan maka dibutuhkan suatu software aplikasi Adobe
Flash agar seluruh komponen dapat saling terintegrasi.
Diharapkan dengan adanya
modul pembelajaran ini, para pengguna dapat membaca dan menulis bahasa Korea
dengan baik dan benar.
Kata Kunci: Hangeul, CAI (Computer Aided Instruction), Multimedia,
Adobe Flash
1. LATAR BELAKANG
Drama dan musik korea sedang menarik perhatian dunia akhir-akhir ini. Musik
K-Pop, merupakan suatu aliran musik yang
berasal dari Korea dengan mengusung konsep vokal, tarian dan wajah personil
yang rupawan itulah yang menjadi daya tarik dari aliran musik ini. Musik K-Pop
saat ini sudah sampai merambah ke Asia termasuk Indonesia.
Dengan adanya fenomena seperti ini, penulis mencoba mempelajari dan
memahami jika seseorang menyukai sesuatu
seperti film atau musik dari luar negeri, apakah orang tersebut tertarik juga
untuk mempelajari bahasanya. Dari survei yang penulis lakukan pada 21 Mei 2012
– 27 Mei 2012, 70% para responden tertarik untuk mempelajari bahasa Korea
tersebut. Namun mereka masih kesulitan untuk menemukan suatu modul pembelajaran bahasa Korea tersebut.
Dengan adanya kamus bahasa Korea sekarang, itu belum sepenuhnya dapat membantu
mereka dalam mempelajari bahasa Korea. Mereka membutuhkan suatu modul interaktif
yang dapat membantu dalam proses membaca dan menulis bahasa Korea atau biasa
dikenal dengan Hangeul.
Untuk itu, penulis mencoba menangkap peluang dari sini dengan membuat suatu
modul pembelajaran bahasa Korea dengan CAI (Computer
Aided Instruction). Aplikasi yang disajikan ini adalah sebuah aplikasi yang
dibuat dengan tujuan untuk memudahkan
para pengguna dalam mempelajari dan
memahami konsep dasar bahasa Korea. Kemudian aplikasi ini juga disajikan secara
menarik dengan menampilkan teks, ikon, warna, gambar,
musik, video, dan animasi flash agar pengguna
dapat membaca dan menulis bahasa Korea dengan baik dan benar lewat bantuan
modul tersebut. Pengguna juga dapat melihat penjelasan teori dan analogi
mengenai basic konsonan dan vokal dalam belajar bahasa Korea. Serta dapat
melihat tata cara penulisan bahasa Korea tiap babnya. Dalam pembuatan aplikasi
ini menggunakan program Adobe Flash dengan dukungan Action script.
Modul pembelajaran bahasa Korea ini, dibuat secara menarik dimana
diterapkannya berbagai jenis edisi yang sesuai dengan musim yang ada di negara
Korea tersebut. Pada aplikasi pembelajaran bahasa Korea yang pertama ini dibuat
dalam edisi Summer 2012, dimana
diharapkan nantinya aplikasi ini dapat dikembangkan kembali dengan edisi yang
berbeda seperti Winter, Spring dan Autumn. Kemudian aplikasi ini, seluruh
tampilannya di desain sesuai tema masing-masing sehingga terkesan menjadi lebih
menarik dan pengguna menjadi tidak bosan dalam belajar.
Selanjutnya yang menjadi perhatian dari aplikasi ini
yaitu mengenai GAS (Goal,Audience, Scope)
Analysis yang diterapkan, dimana Goal : Membantu pengguna untuk belajar membaca dan menulis
bahasa Korea. Audience:
Remaja dan Dewasa (18 s.d. 26 tahun) dan Scope : Basic Consonants
ㄱ ㄴ ㅁ ㄷ ㅇ ㅅ ㅂ ㅈ ㄹ
Basic
Vowels
ㅣ ㅗ ㅜ ㅏ ㅓ ㅐ ㅔ ㅡ
2. PERANCANGAN APLIKASI
INTERAKTIF
Teori-teori yang digunakan dalam penyelesaian
proyek akhir akan dibahas dalam bab ini sesuai kaitannya dengan membaca dan
menulis bahasa Korea, animasi flash dan video. Serta software-software yang digunakan dalam pembuatan proyek ini.
2.1 Membaca
dan menulis bahasa Korea atau Hangeul (한글)
Bahasa Korea atau Hangeul (한글) adalah alfabet yang digunakan untuk membaca
dan menulis bahasa Korea. Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong yang Agung
(1397-1450) pada tahun 1443 masa Dinasti Joseon. Meskipun tulisan Hangeul
terlihat seperti tulisan ideografik (tulisan dalam bentuk 'simbol' seperti
aksara Tionghoa), Hangeul sebenarnya merupakan abjad fonetik atau alfabet,
karena setiap hurufnya merupakan lambang vokal dan konsonan yang berbeda.
Alfabet Hangeul terdiri dari 24 huruf (jamo)— 14 huruf mati (konsonan) dan 10
huruf hidup (vokal). Sebenarnya Hangeul masih mempunyai 3 konsonan dan 1 buah
huruf vokal, namun dihilangkan. Selain untuk menuliskan bahasa Korea, Hangeul
juga dipakai untuk bahasa suku Cia-Cia, di Sulawesi Tenggara, Indonesia[1].
Gambar 2.2 Basic Vokal
2.2. Adobe
Flash
Adobe Flash adalah sebuah
program grafis dan animasi yang keberadaannya ditujukan bagi pecinta desain dan
animasi untuk berkreasi membuat animasi web interkatif, film animasi kartun,
presentasi bisnis atau kegiatan, company/organization
profil dan game flash yang menarik.
Oleh karena itulah, maka pada program Adobe Flash ini disediakan berbagai fasilitas serta kemampuan penunjang lainnya
yang berfungsi sebagai sarana untuk berkreasi guna melahirkan ide-ide yang
tersimpan didalam pikiran kita. Dengan begitu, terbukalah jalan untuk
menyalurkan ide-ide cemerlang yang kita miliki untuk mewujudkan karya – karya
kita.
Adobe Flash, sebagai program multimedia dan
animasi, mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan program animasi
lainnya, yaitu:
·
Seorang pemula yang masih awam terhadap dunia desain dan animasi dapat
dengan mudah mempelajari dan memahami Adobe
Flash tanpa harus dibekali dasar pengetahuan yang tinggi tentang bidang
tersebut.
·
Pengguna program Adobe Flash
dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan
luwes(bebas) sesuai dengan
alur adegan animasi yang diinginkan.
·
Adobe Flash ini dapat menghasilkan file dengan ukuran kecil. Hal ini
dikarenakan, flash menggunakan animasi dengan berbasis vector dan juga ukuran file flash yang kecil
berdampak tidak dibutuhkannya waktu loading yang lama untuk membuka halaman web
tersebut.
·
Adobe Flash menghasilkan file bertipe (ekstensi).FLA yang bersifat
fleksibel karena dapat mengkonersikan memjadi file berekstensi .swf, .html,
.gif, .jpg, .png, .exe, .mov. Hal ini memungkinkan penggunaan program Adobe
Flash ini untuk berbagai keperluan yang kita inginkan[2].
2.3 Adobe Fireworks
Adobe Fireworks
(sebelumnya dikenal sebagai Macromedia
Fireworks) adalah sebuah bitmap dan vector grapichs editor.
Ia sebenarnya dikembangkan menggunakan bagian dari Macromedia xRes, yang telah Adobe peroleh di
tahun 2005. Fireworks dibuat untuk web
designer agar membuat prototipe website dan application interface dengan cepat.
Fiturnya memasukkan slices and kemampuan untuk menambahkan hotspot. Ia didesain
untuk diintegrasikan dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe
Dreamweaver dan Adobe Flash. Ia tersedia sebagai salah satu produk yang
berdiri sendiri atau dibundle dengan Adobe Creative Suite.
Versi sebelumnya dibundle dengan Macromedia Studio [3].
2.1.Komponen new media
Berikut merupakan komponen new media
yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini :
- Teks
Teks dalam aplikasi ini digunakan sebagai petunjuk
penggunaan dalam menjalankan aplikasi. Dengan adanya teks pengguna dapat
mengerti step-by-step dalam proses
kerja dari aplikasi. Teks dalam aplikasi ini juga digunakan sebagai penjelasan
dari teori dalam proses pembelajaran menulis dan membaca bahasa Korea.
Gambar 2.1.1 Teks
- Ikon
Ikon dalam aplikasi ini digunakan untuk menyampaikan
maksud dan tujuan, sehingga pengguna dapat mengetahui alur dari kinerja sistem.
Dalam hal ini button digunakan
sebagai saran komunikasi antara pengguna dan aplikasi. Berikut adalah contohnya
:
Gambar 2.1.2 Ikon
a)
Tanda Panah ke kiri
Sebagai button untuk mengarahkan ke step sebelumnya.
b)
Rumah
Sebagai button untuk mengarahkan ke menu utama.
c)
Tanda X dalam
lingkaran
Sebagai button untuk keluar dari aplikasi.
- Suara
Suara pada aplikasi ini digunakan untuk pembacaan narasi
yang disampaikan oleh avatar, lagu yang mengiringi saat aplikasi dijalankan dan
untuk pengucapan kata dalam aplikasi dalam membaca bahasa Korea. Dengan adanya
suara pada aplikasi ini menjadi lebih interaktif, dimana dalam proses pembuatan
aplikasi modul pembelajaran, pengguna diberikan suara jika kursor didekatkan
pada huruf konsonan atau vokal yang diterapkan pada menu Begin Lessons, baik di Introduction,
lesson 2 dan lesson 3.
- Warna
Warna yang paling dominan dalam aplikasi ini adalah warna
biru muda yang mendakan kecerahan. Karena pada desain aplikasi ini adalah edisi
Summer 2012, maka warna yang
disajikan dalam aplikasi ini berupa background
langit biru dan pantai yang indah dengan dihiasi awan dan matahari sehingga
efek summer tersebut sangat terasa jika aplikasi ini dijalankan. Berikut adalah
tampilan dari aplikasinya :
Gambar 2.1.3 Warna
- Gambar
Pada aplikasi ini terdapat sebuah avatar yang diberi nama
Park Jin Ho. Fungsi dari avatar ini adalah sebagai penunjuk (Guide) untuk membantu pengguna
bagaimana menggunakan aplikasi ini. Selain avatar, aplikasi ini juga
menggunakan beberapa gambar sebagai pendukung aplikasi sehingga tampilan
menjadi lebih menarik. Berikut adalah avatar dari aplikasi ini :
Gambar 2.1.4 Avatar
- Animasi
Animasi merupakan kumpulan gambar-gambar dalam suatu
frame yang digerakan. Dalam aplikasi pembelajaran bahasa Korea ini, dibuat
beberapa animasi yakni matahari yang berputar, awan yang berjalan, ombak yang
bergelombang, avatar yang bergerak dan tulisan bahasa Korea yang dapat bergerak
ketika kursor di dekatkan. Diharapkan dengan animasi tersebut para pengguna lebih
dapat memahami aplikasi yang dibuat dan memberikan informasi yang sedang
terjadi.
- Video
Video dalam aplikasi ini dibuat untuk mempromosikan Korea
dan bagaimana keindahan Korea sehingga para pengguna tertarik untuk mengunjungi
Korea.
2.2.Struktur dan navigasi
Struktur yang digunakan dalam
aplikasi Easy Korean ini menggunakan Tree
Structure. Dengan adanya Tree
Structure tersebut pengguna diberi kebebasan untuk memilih menu apasaja
yang dibuat tanpa memikirkan urutannya terlebih dahulu.
Dalam modul pembelajaran bahasa Korea ini menggunaka
struktur Tree karena proses aplikasi dilakukan secara
Kemudian navigasi yang digunakan dalam modul
pembelajaran bahasa Korea adalah sebagai berikut :
1) Next
Navigasi next digunakan untuk
melompat ke proses selanjutnya. Dalam aplikasi modul pembelajaran bahasa Korea
ini, navigasi next sering dijumpai
pada bagian menu Begins Lesson karena
pada bagian tersebut berisi tentang cara pembelajaran membaca dan menulis
bahasa Korea. Sehingga jika pengguna telah selesai melakukan proses
pembelajaran dari halaman 1 dapat lanjut ke modul pembelajaran halaman 2 dan
selanjutnya.
2) Previous
Navigasi previous merupakan kebalikan dari proses next. Previous digunakan
untuk kembali ke halaman sebelumnya.
3) Home
Navigasi home digunakan untuk kembali
ke menu utama pada aplikasi. Sehingga memudahkan pengguna untuk kembali ke menu
awal.
4) Back
Navigasi back digunakan untuk
membantu pengguna kembali ke sub-menu sebelumnya.
5)
Exit
Navigasi exit digunakan untuk
keluar dari aplikasi yang sedang dijalankan.
6)
Skip
Navigasi skip digunakan untuk
melewatkan proses yang sedang berjalan. Dalam aplikasi modul pembelajaran
bahasa Korea, skip dapat dijumpai ketika avatar sedang memberikan pengarahan
dalam proses pemakaian aplikasi. Skip
dapat digunakan ketika para pengguna telah mengetahui proses berjalannya
aplikasi.
2.3. Top-down design
Berikut adalah Top-down design
aplikasi dari modul
pembelajaran bahasa Korea adalah sebagai
berikut :
1. Pada bagian awal akan ditambilkan sebuah animasi
pembuka atau Splash, lalu terdapat
bermacam-macam menu pilihan untuk
menuju ke tampilan menu utama.
2. Kemudian pengguna dapat melakukan pemilihan
menu utama yang ada pada aplikasi ini.
Terdapat 5 menu utama seperti :
A. Begin Lessons
Merupakan
sebuah sub menu unggulan dari aplikasi
ini. Dimana didalamnya berisikan tentang metode-metode pembalajaran mengenai
membaca dan menulis bahasa Korea.
1) Introduction
Merupakan
pembukaan dari proses pembelajaran yang akan diaplikasikan. Berisikan
pengertian dari pembelajaran bahasa korea.
2)
Lesson
1
Merupakan sub pembelajaran mengenai
metode-metode membaca dan menulis bahasa korea. Kemudian di akhir pembelajaran
setiap lesson terdapat quiz.
3)
Lesson
2
Merupakan
sub pembelajaran lanjutan mengenai metode-metode membaca dan menulis bahasa
korea dan diakhiri dengan quiz juga.
B.
About
Merupakan
sebuah menu dari sebuah konten dimana didalamnya berisikan informasi mengenai
pembuat aplikasi ini.
C.
Visit
Korea
Merupakan sebuah konten video-video
visit korea. Didalamnya berisikan video
mengenai keindahan keanekaragaman yang ada di Korea. Video tersebut bertujuan
mempromosikan Korea ke khalayak luar sehingga para pengguna yang melihatnya
akan tertarik untuk mengunjungi Korea.
D.
Help
Merupakan
sebuah menu yang berfungsi sebagai tempat bertanya bagi pengguna jika menemukan
kesulitan dalam pengoprasian aplikasi ini.
Diharapkan dengan adanya menu help ini pengguna dapat langsung mengatasi segala
kendala dalam pengoprasian aplikasi Easy Korean tersebut.
E.
Exit
Merupakan
menu untuk keluar dari aplikasi CAI ini.
Namun ketika pengguna telah menekan tombol exit, maka aplikasi memberikan
pilihan lagi “Ya” atau “Tidak” untuk meyakinkan pengguna apakah benar ingin
keluar dari aplikasi interaktif ini atau tidak.
3. Aplikasi akan menampilkan tutorial yang telah dipilih
oleh pengguna pada layar.
4.
Pengguna dapat memilih kembali menu atau bab yang ada pada sistem
aplikasi ini dengan kembali menuju ke menu utama.
5.
Terdapat button exit jika pengguna telah selesai menggunakan aplikasi
tersebut.
2.4. System Model
Berikut adalah tampilan flow chart dari aplikasinya :
3. HASIL AKHIR RANCANGAN
Pada tahap ini akan dilakukan hasil rancangan program aplikasi yang telah dibuat untuk
mengetahui bagaimana program bekerja dan bagaimana program dapat dijalankan
sesuai yang diharapkan. Pengujian aplikasi dilakukan dengan mengecek link yang
terdapat pada menu yang disajikan, apakah button
me-link dengan benar sesuai dengan targetnya.
Berikut
adalah tampilan program saat pertama kali dijalankan :
Gambar 1: Contoh Pengujian Tampilan Splash 1
Pada menu splash
1 diatas menunjukan judul aplikasi yang dibuat yakni “Easy Korean”.
Gambar 2: Contoh Pengujian Tampilan Splash 2
Pada menu splash
2 diatas menunjukan instruksi aplikasi bahwa “ Gunakan headphone untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik” karena
pada aplikasi ini dibuat dengan diiringi beberapa lagu agar lebih interaktif
sehingga proses belajar lebih semangat.
Gambar 3: Pengujian Tampilan Utama Aplikasi
Pada tampilan utama terdapat 4 button. Bila di-click pada menu teori maka akan muncul tampilan tutorial seperti
berikut :
Gambar 4: Pengujian Halaman awal
Gambar 5: Pengujian Menu Begin
Lessons
Pada tampilan menu Begin Lesson seperti diatas menunjukan 3 button pilihan
yang menjadi aplikasi utama dalam pembelajaran menulis dan membaca bahasa
Korea. Terdapat 3 lesson menu yakni Introduction, Lesson 2 dan lesson 3.
Gambar 6 :
Pengujian Menu Introduction
Pada tampilan menu Introduction
seperti diatas berisikan Teori mengenai huruf konsonan dan vokal dalam bahasa
Korea.
Gambar 7: Pengujian Menu Lessons2
Pada tampilan menu lesson 2, dipelajari huruf vokal dan
konsonan. Kemudian jika kursor di dekatkan pada huruf vokal diatas, maka
tulisan akan bergerak sebagai penunjuk metode penulisan bahasa Korea.
Selanjutnya terdapat sound jika kursor didekatkan pada huruf maka akan
menimbulkan suara pengucapan bahasa Koreanya.
Gambar 8: Pengujian Menu Quiz Lessons2
Pada tampilan diatas merupakan menu quiz pada lesson 2.
Gambar 9: Pengujian Menu Lessons3
Pada tampilan menu lesson 3, dipelajari huruf vokal dan
konsonan yang berbeda pada lesson 2.
Kemudian jika kursor di dekatkan pada huruf vokal diatas, maka tulisan akan
bergerak sebagai penunjuk metode penulisan bahasa Korea. Selanjutnya terdapat
sound jika kursor didekatkan pada huruf maka akan menimbulkan suara pengucapan
bahasa Koreanya.
Gambar 10: Pengujian
Menu Quiz Lessons3
Pada tampilan diatas merupakan menu quiz pada lesson 3.
Gambar 11: Pengujian Menu About
Pada tampilan diatas merupakan menu About,
dimana didalamnya merupakan informasi mengenai biografi pembuat aplikasi ini.
Gambar 12: Pengujian Menu Help
Pada tampilan diatas merupakan menu Help, dimana didalamnya merupakan petunjuk-petunjuk dalam
menggunakan aplikasi ini.
Gambar 13: Pengujian
Menu Visit Korea
Pada tampilan diatas merupakan menu Visit
Korea, dimana didalamnya
merupakan video dokumentasi tentang visit
Korea.
4. SIMPULAN DAN SARAN
Aplikasi Easy Korean ini telah dibuat dan dirancang
sebagai suatu modul pembelajaran yang interaktif dengan tujuan membantu
pengguna untuk membaca dan menulis bahasa Korea. Dari komponen new media yang digunakan sudah sangat
bervariasi dan interaktif namun masih ada beberapa kendala dalam proses
pembuatannya sehingga aplikasi ini masih kurang maksimal dalam proses penerapannya.
Dari kekurangan itu masih dibutuhkan waktu supaya proses perkembangan dan
proses perbaikan dalam perancang aplikasi ini dapat diterapkan secara sempurna.
Diharapkan setelah aplikasi ini dibuat masih perlu
diadakan perkembangkan lagi baik itu gambar, teks, suara, video, warna, ikon
dan animasinya sehingga aplikasi bahasa Korea yang dibuat semakin interaktif.
REFERENSI
pada 15 Juni 2012.
15 Juni 2012
Diakses
pada 26 Juni 2012
[4]http://www.koreanwikiproject.com/. Diakses pada
20 Mei 2012.
[5]http://www.talktomeinkorean.com/ . Diakses
pada
20 Mei 2012
korea-hangeul.html.Diakses pada 23 Juni
2012.
Desain Poster Aplikasi
Desain Packaging DVD
Aplikasi bisa di unduh disini: http://www.mediafire.com/download/thi11p6gatdypo8/Easy_Korean_(beta).zip